7 Minuman Buka Puasa yang Segar Khas Nusantara


Ketika berbuka puasa, paling enak jika berbuka dengan yang manis-manis. Anda bisa dapatkan makanan manis ini dari buah-buahan dan makanan yang mengandung gula. Selain itu, anda juga bisa mendapatkannya dari minuman manis. Minuman manis yang bisa anda minum pun banyak. Selain menyegarkan, minuman yang manis pun dapat memenuhi rasa dahaga anda. Dari sekian banyaknya jenis minuman manis, berikut adalah 7 minuman khas Nusantara yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai minuman buka puasa.

1. Es Selendang Mayang

Siapa yang suka minum es Selendang Mayang? Minuman khas Betawi ini sangat lezat dan menyegarkan. Minuman ini juga menyehatkan karena terbuat dari bahan asri. Es selendang mayang bisa mengenyangkan perut anda juga. Karena terbuat dari tepung sagu tani dan unkwe, minuman ini begitu khas. Biasanya, minuman ini disajikan bersama kuah santan dan gula merah cair yang disiram.

2. Es Kacang Merah

Minuman khas Nusantara lain yang cocok untuk berbuka puasa adalah es kacang merah. Minuman asal Palembang ini sangat cocok dijadikan takjil dengan rasa manisnya.

3. Es Kuwut

Es Kuwut tidak hanya menyegarkan, tetapi juga menyehatkan. Minuman khas Bali ini mampu membantu tubuh melancarkan sirkulasi darah. Anda juga dapat menjaga kesehatan mata, menurunkan kolesterol dan menurunkan berat badan dengan meminum es kuwut. Bahan dasarnya menyehatkan semua, mulai dari buah melon serut, kelapa muda serut, biji selasi hingga air kelapa muda. Anda tidak perlu membelinya, buat saja sendiri di rumah. Mudah tanpa ribet.

4. Es Le Boh Timun

Minuman asal Aceh ini dijamin akan sangat menyegarkan. Pasalnya minuman khas Nusantara ini terbuat dari bahan timun yang diserut dan ditambahkan jeruk nipis. Agar rasanya tidak kecut, minuman ini ditambahkan gula pasir. Pada kondisi normal, minuman ini cocok diminum pada siang hari. Namun pada bulan puasa, minuman ini sangat pas untuk dijadikan menu takjil anda.

5. Es Pisang Ijo

Tidak hanya menyegarkan, tetapi juga es pisang ijo bisa mengenyangkan. Minuman satu ini terbuat dari bahan adonan tepung beras, tepung terigu dan santan. Selain enak, bentuk dan warnanya pun menarik. Minuman khas Sulawesi ini akan memberikan kesegaran saat berbuka puasa.

6. Es Cendol

Ketika bicara soal minuman khas Nusantara, maka anda tidak boleh melupakan es cendol. Ini adalah salah satu minuman nusantara yang menjadi favorit banyak orang. Selain bisa dibuat siapa saja, minuman ini terkenal dengan rasanya yang manis dan segar. Es cendol sangat populer di mana-mana. Minuman yang biasa dikenal es dawet ini sangat cocok untuk dijadikan minuman buka puasa yang segar dan nikmat.

7. Es Doger

Tidak kalah populer dari es cendol, es doger pun banyak digemari masyarakat Indonesia. Minuman khas Indonesia ini cocok untuk dijadikan minuman buka puasa. Es serut ini begitu nikmat dengan topping ketan hitam, tape, susu, cincau, pacar cina dan sirup manis berwarna merah.

Nah, itulah 7 minuman buka puasa khas Nusantara yang bisa anda coba di rumah. Anda tidak perlu ke luar rumah untuk merasakan minuman lezat tersebut. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan melihat resep yang ada di internet. Dengan begitu, anda bisa membuat minuman buka puasa yang variatif dan tidak membosankan. Begitulah, semoga ulasan ini berguna buat anda terutama menghilangkan rasa bosan atas menu takjil yang itu-itu saja.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Memakai Kolam Renang Plastik Untuk Anak Bayi

Mau Menginap di Hotel Kapsul, Perhatikan Hal Berikut Ini

Anies Baswedan Jadi Presiden, Kebijakan Pembebasan PBB Diperluas Ke Skala Nasional