Dongeng Sebelum Tidur


Jika saat ini bunda memiliki anak yang tengah dalam masa pertumbuhan, alangkah baiknya jika bunda sudah menanamkan minat membaca pada sang buah hati sejak dini. Dan dalah satu cara untuk menanamkan minat baca tersebut adalah dengan membacakan dongeng sebelum tidur pada anak. Karena dengan membacakan dongeng sebelum tidur pada anak, secara tidak langsung bisa membuat sang anak tertarik dengan membaca buku, terutama buku dongeng.

Selain itu, membacakan dongeng juga bisa menstimulus anak. Dalam hal ini, Dra. Ratih Ibrahim, M.M., Psikolog, menganjurkan supaya bunda untuk membacakan dongeng pada anak guna memaksimalkan kecerdasan sang anak. Hal ini dikarenakan aktivitas mendongeng bisa membantu mengembangkan kemampuan sang anak dalam bahasa, imajinasi, berpikir logis, daya ingat, dan karakter yang positif.

Sebagai rekomendasi berikut beberapa cerita dongeng anak sebelum tidur yang bisa anda baca di rumah :

  1. Singa dan Tikus

Diceritakan pada suatu hari seekor tikus melakukan kejahilan pada seekor singa. Dimana, tikus tersebut berusaha untuk membangunkan singa yang sedang tidur pulas. Namun, tidak diduga sang singa terbangun dan marah serta berusaha menangkap si tikus tersebut dan memakannya. Tentunya, hal ini membuat si tikus takut dan menangis serta memohon agar sang singa memaafkannya.

Karena merasa kasihan akhirnya sang singa pun memaafkan dan melepaskannya. Si tikus sangat berterimakasih dan berjanji akan membalas kebaikan singa tersebut suatu hari nanti.

Beberapa hari kemudian, sang singa tertangkap oleh jeratan yang dipasang oleh pemburu. Sang singa merasa ketakutan akan dibunuh. Bahkan, ia menangis semalaman. Tangisan tersebut terdengar oleh sang tikus dan segera menghampirinya. Ia melihat sang singa dalam keadaan sudah terperangkanp tidak berdaya.

Teringat dengan kebaikan sang singa pada dirinya, akhirnya si tikus tersebut berusaha untuk menolongnya dan melepaskan singa dengan cara menggerogoti jaring tersebut hingga putus. Akhirnya sang singa pun terbebas dari jaring perangkap tersebut. Sejak saat itulah singa dan tikus menjadi teman yang baik dan saling tolong menolong.

Pesan moral yang bisa diambil dari cerita dongeng di atasa adalah kita jangan pernah melupakan kebaikan orang lain dan jangan sungkan untuk membalasnya.

  1. Si Kelinci yang Sombong dan Kura-Kura

Dongeng lawas yang satu ini menceritakan tentang seorang kelinci yang sangat sombong, yang merasa dirinya binatang dengan kemampuan berlari paling cepat di dunia. Pada suatu hari, sang kelinci menantang lari kura-kura dengan penuh kesombongan. Sang kura-kura yang rendah hati menerima tantangan tersebut.

Si kelinci yang sombong itu sudah yakin sekali akan menang, sehingga sangat bersemangat dan mengumumkan ke seluruh penghuni hutan bahwa ia akan mengikuti lomba lari dengan kura-kura. Dengan angkuhnya ia menyuruh semua penghuni hutan untuk menyaksikan kemenangannya itu.

Pada hari perlombaan, si kelinci melesat dengan cepat di awal. Sementara si kura-kura berjalan lambat dan terus berusaha lari sebisa mungkin untuk mengejar kelinci yang sudah jauh di depan meninggalkannya.

Mendekati garis finish, si kelinci angkuh tersebut memutuskan untuk istirahat sejenak di bawah pohon yang rindang, sebab ia sudah yakin 100% akan menang dan tidak mungkin dapat disusul oleh kura-kura.

Namun, sang kelinci tersebut tertidur pulas sehingga sang kura-kura pun dapat menyusul dan memenangkan perlombaan tersebut.

Pesan moral yang bisa diambil dari cerita ini adalah kita tidak boleh sombong dan menganggap remeh orang lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makan untuk Menyusui

Ingin Usir Tawon Dengan AMAN Gunakan Jasa Pembasmi Tawon FUMIDA

Prenatal dan Kehamilan