Tips agar kuat menjalani ibadah puasa, simak!

 

Puasa, adalah salah satu ibadah yang wajib dilakukan bagi seluruh umat Islam di seluruh dunia. Ketika ingin berpuasa kita harus memulainya dengan bangun diwaktu sebelum subuh untuk sahur, saat itu kita diperbolehkan makan sambil membaca niat berpuasa. Tetapi, sahur terkadang menjadi problem bagi beberapa orang, ada yang susah bangun, ada yang lupa jika sudah imsak dan masih banyak lagi. Jika kalian tidak bangun saat sahur maka kalian otomatis tidak memiliki asupan makanan. Untuk itu, kali ini kami akan memberikan informasi seputar tips agar kuat saat menjalani ibadah puasa. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya sebagai berikut.

1.Mengingat kemampuan manusia tanpa makan dan minum

Nah hal pertama yang harus kalian lakukan adalah mengingat bahwa tubuh manusia memiliki anatomi yang luar biasa. Jika kita tidak makan dan minum selama satu hari penuh, hal itu masih sangat jauh dari batas maksimal tubuh manusia. Sebenarnya tidak makan dan minum seharian masih tergolong ringan bagi tubuh, namun hanya saja sugesti kita mengatakan kita sudah tidak kuat lagi. Dalam sebuah penelitian senditi, tubuh manusia dapat bertahan tanpa makanan hingga 3 minggu berturut-turut, sedangkan untuk minum sendiri, tubuh manusia dapat bertahan selama 1 minggu berturut-turut. Nah bagi kalian yang telat sahur jangan mudah tergoda oleh sugesti ya, kalian pasti kuat.

2.Mandi dengan air dingin

Tips kedua yaitu mandi dengan menggunakan air dingin, mengapa kita harus melakukan hal ini? menurut penelitian “Behavioral and Brain Function Journal” mengatakan bahwa dengan mandi air dingin sangat memiliki manfaat yang dapat membuat kita lebih segar dan tidak lemas. Namun perlu diingat bahwa, hal ini hanya dilakukan untuk orang yang lupa sahur saja. Kalian bisa mandi sekitar 3-5 menit agar tubuh menjadi segar kembali.

3.Tidur cukup

Tips selanjutnya yaotu tidur dengan cukup, agar kita dapat menjalani puasa dengan kuat hingga berbuka puasa nanti, maka kita harus tidur cukup. Tidur, cukup bukan berarti tidur terus-menerus melainkan tidur 8 jam sehari, karena waktu itulah yang ideal bagi tubuh manusia untuk tidur, lebih dan kurang dari itu tidak baik. Untuk kalian yang lupa sahur kalian bisa melakukan kegiatan tidur dengan cukupagar kalian tetap kuat menjalani ibadah puasa.

4.Menghindari aktivitas berat

Tantu saja tips yang satu ini kalian sudah mengetahui, dikarenakan belum ada asupan makanan dan cairan yang masuk ke dalam tubuh maka kalian harus menghindari aktivitas berat seperti olah raga, jalan-jalan, dan masih banyak kegiatan berat lainnya. Tetapi jika kalian memiliki pekerjaan berat yang tiba-tiba maka kalian usahakan untuk mengerjakan semampunya saja agar tubuh kalian tidak drop.

5.Kuatkan niat dengan banyak beribadah

Hal ini adalah hal yang wajib dilakukan bagi setiap umat Islam yang berpuasa, karena banyak beribadah disaat puasa pahalanya berlipat-lipat lebih banyak. Nah hal ini sangat efektif untuk kalian yang lupa sahur, kalian bisa memperbanyak ativitas ibadah seperti sholat, membaca Al-Qur’an, dzikir, dan masih banyak lagi inbadah yang bisa kalian lakukan. Dengan banyak beribadah hati menjadi tenang dan kalian tidak tergoda oleh syaiton yang membisiki untuk melakukan hal yang membatalkan puasa.

Nah itu saja informasi yang dapat kami sampaikan seputar tips agar kuat saat menjalani ibadah puasa, semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan terimakasih sudah menyimak hingga akhir.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Memakai Kolam Renang Plastik Untuk Anak Bayi

Mau Menginap di Hotel Kapsul, Perhatikan Hal Berikut Ini

Anies Baswedan Jadi Presiden, Kebijakan Pembebasan PBB Diperluas Ke Skala Nasional